Charles Perrault

Diposting oleh Zaenal Fahmi | 23.37 | | 0 komentar »


Charles Perrault
12 January 1628 - 16 Mei 1703

Charles Perrault aalah pengarang dari Perancis yang meletakkan dasar-dasar bagi jenis literatur cerita dongeng, dan terkenal dengan cerita dongeng seperti: Le Petit Chaperon rouge - Little Red Riding Hood (Gadis kecil dengan kerudung merah), La Belle au bois dormant - Sleeping Beauty (Putri Tidur), e Maître chat ou le Chat botté - Puss in Boots (Kucing bersepatu boot), Cendrillon ou la petite pantoufle de verre - Cinderella, La Barbe bleue - Bluebeard (Janggut Biru), Le Petit Poucet - Hop o' My Thumb, Les Fées - Diamonds and Toads (Katak dan Permata), La Marquise de Salusses ou la Patience de Griselidis - Patient Griselda (Griselda yang Sabar) dan banyak cerita terkenal lainnya. Cerita dongeng tersebut kemudian di kumpulkan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh Brothers Grimm bersama-sama dengan koleksi cerita rakyat dari seluruh dunia.
Andrew Lang pada tahun 1889 kemudian menyatukan cerita dari Perrault dan Grimm ke dalam beberapa seri buku cerita dongeng yang dikenal sebagai Andrew Lang's Fairy Books (Buku Cerita Peri dari Andrew Lang).
Terkadang cerita dongeng yang asli dari Charles Perrault memiliki sedikit perbedaan dengan versi yang telah diterjemahkan oleh Grimm (Jerman) dan diterjemahkan ulang ke bahasa Inggris. Versi dari Grimm sendiri biasanya lebih singkat karena faktor penterjemahan yang kurang akurat (Perancis - Jerman - Inggris) dibandingkan dengan penterjemahan dari bahasa Perancis - Inggris.
Charles Perrault sendiri lahir di kota Paris dan berasal dari kalangan atas sehingga Charles Perrault bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik di Perancis. Charles mengambil jurusan hukum sebagai mata pelajarannya sebelum terjun menjadi pegawai pemerintahan.
Saat berumur 62 tahun, dia berhenti bekerja di pemerintahan dan memutuskan untuk mendedikasikan dirinya pada anak-anaknya dan saat itulah dia menerbitkan buku Tales and Stories of the Past with Morals (Histoires ou Contes du Temps passé) (1697), dengan subtitle: Tales of Mother Goose (Les Contes de ma Mère l'Oie) - Cerita Ibu Angsa yang memuat cerita-cerita dongeng yang kita kenal sekarang.

0 komentar