Andrew Lang

Diposting oleh Zaenal Fahmi | 23.41 | | 0 komentar »

Andrew Lang
31 Maret 1844 - 20 July 1912

Andrew Lang lahir di Selkirk adalah penyair, penulis novel dan kritikus dari Skotlandia, dan dia terkenal karena mengumpulkan cerita-cerita rakyat dan cerita dongeng.
Lahir sebagai anak tertua dari delapan orang bersaudara, dan mendapatkan pendidikan di Selkirk Grammar School, dan di Edinburgh Academy, St. Andrews University serta Balliol College, Oxford. Sebagai penulis, penyair dan kritikus serta peneliti sejarah (historian), dia dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai penulist yang paling giat saat itu.
Buku yang dipublikasikan umumnya menyangkut cerita rakyat, mitos, dan agama. Buku pertama yang dipublikasikan adalah 'Custom and Myth' (1884) dan selanjutnya diikuti oleh serangkaian buku-bukunya yang lain yang masih berhubungan dengan agama dan keyakinan. Buku lainnya yang berjudul Blue Fairy Book (1889) di produksi dan diberi gambar illustrasi yang sangat indah sehingga buku tersebut menjadi satu buku klasik sepanjang masa. Kesuksesan Blue Fairy Book, dilanjutkan dengan buku-buku lainnya seperti Green Fairy Book, Orange Fairy Book dan lain-lain, sekarang dikenal sebagai Andrew Lang's Fairy Books (Buku Cerita Peri dari Andrew Lang)

0 komentar